Categories
Pendidikan

Jenis – Jenis Novel

Jenis – Jenis Novel

Jenis - Jenis Novel

Genre Novel Berdasarkan Konten dan Kualitas Cerita

Genre novel dapat dibedakan berdasarkan konten dan kualitas cerita. Suharianto (1982: 67) membagi spesies baru sesuai dengan konten, deskripsi, dan analisis tujuannya sebagai berikut:

  • Novel yang dicintai adalah novel yang menghadirkan karakteristik dan kelemahan masyarakat. Karena itu, novel ini sering disebut novel. Novel psikologis adalah novel yang merepresentasikan sikap, semangat, dan pergumulan seseorang.
  • Novel sejarah adalah novel yang menceritakan tentang momen sejarah kepada seseorang. Novel ini didasarkan pada tradisi dan adat istiadat masyarakat dan mengeksplorasi.
  • Children’s Novels adalah novel yang menggambarkan kehidupan dunia anak-anak dan orang tua dapat membaca untuk dipelajari anak-anak mereka, biasanya beberapa yang hanya dibaca anak-anak.
  • The Detective’s Novel adalah novel yang mengundang pembaca untuk mencuci otak hasil dari berbagai peristiwa di mana cerita disajikan.
  • Struggle Novel adalah novel yang menggambarkan suasana perjuangan dan perang di mana seseorang hidup.
    Novel-novel Propaganda adalah novel-novel yang hanya menguntungkan propaganda bagi komunitas tertentu.
     

Contoh Novel Berdasarkan Deskripsi

Berdasarkan deskripsi berbagai genre novel sebelumnya, dapat dilihat bahwa karya Sakae Tsuboi “Nijushi no Hitomi” termasuk dalam Novel Novel dan Perjuangan. Meskipun novel “Nijushi no Hitomi” berbicara tentang kehidupan anak-anak, itu tidak termasuk dalam novel anak-anak. Novel ini didasarkan pada kisah kehidupan di sebuah desa di desa Mar del Seto, di mana ada jubah dan pinus. Dalam novel itu, seorang guru dan dua belas muridnya dijelaskan. Kisah berlanjut dari April 1928 hingga perang April 1946. Perang yang terjadi pada saat itu menandai kehidupan desa sampai semua mimpi tersapu oleh kenyataan hidup. Guru dan kedua belas siswanya serta orang-orang yang tinggal di desa harus dapat belajar untuk memahami dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

 

Novel Terdiri dari 2 Elemen:

Novel ini terdiri dari dua elemen, internal dan eksternal. Elemen-elemen internal adalah elemen-elemen yang mempengaruhi penciptaan karya sastra dalam sastra, yang terdiri dari tema, alur, tempat atau lingkungan, pribadi / karakter dan perspektif atau pusat narasi. Sementara unsur-unsur eksternal adalah unsur-unsur eksternal sastra yang mempengaruhi penciptaan karya sastra, unsur-unsur ini mencakup latar belakang penulis, kepercayaan, dan perspektif tentang kehidupan penulis. Elemen-elemen ini termasuk kehidupan sosial, yang membentuk dasar dari pekerjaan penulis.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :