Categories
Umum

Cara Memasak Nasi

Cara Memasak Nasi

Cara memasak nasi dengan penanak nasi adalah pilihan sederhana dan efisien untuk memasak nasi. Saat ini, banyak penanak nasi memiliki sifat memanaskan sehingga nasi dapat tetap hangat setelah dimasak. Anda tidak harus terus-menerus memeriksa penanak nasi saat nasi sedang dimasak, karena nasi dilengkapi dengan sensor atau pengatur waktu otomatis yang memungkinkan Anda mengklik ketika nasi sudah matang.

Masak nasi

  1. Timbang nasi ke dalam gelas pengukur dan letakkan di penanak nasi.

Beberapa penanak nasi bermerek memiliki peralatan masak yang bisa diganti, sementara yang lain tidak, sehingga nasi harus ditempatkan langsung di penanak nasi.

Satu gelas beras (240 ml), tergantung pada jenis beras yang digunakan, menghasilkan 1 1/2 gelas (360 ml) dan tiga gelas (720 ml). Berikan ruang yang cukup untuk penyebaran beras agar beras atau air tidak keluar.

  1. Jika perlu, cuci nasi.

Beberapa metode penggilingan tradisional juga menghasilkan benih beras pecah sehingga tepung dicampur dengan beras dan dicuci untuk mencegah akumulasi gandum. Alirkan air secara perlahan melalui saringan atau dasar mangkuk dan singkirkan butiran beras yang menyertai air dengan tangan. Jika penanak nasi menggunakan wajan anti lengket, cuci nasi di wajan lain untuk menghindari goresan wajan. Karena biaya penggantian wadah non-stick cukup tinggi.

  1. Ukur airnya.

Sebagian besar instruksi memasak nasi merekomendasikan menggunakan air dingin. Perhatikan bahwa Anda dapat menyesuaikan dosis ini kapan saja jika Anda menginginkan nasi yang lebih berat atau lebih lembut:

  • Nasi putih, butiran panjang – 1 3/4 gelas air / 1 gelas beras (420 ml air / 240 ml beras)
  • Nasi putih, gandum sedang – 1 gelas air dengan 1 gelas beras (360 ml air / 240 ml beras)
  • Nasi putih, gandum pendek – 1 1/4 gelas air / 1 gelas beras (300 ml air / 240 ml beras)
  • Nasi merah panjang – 2 1/4 gelas air / 1 gelas beras (520ml air / 240ml beras)
  • Nasi setengah matang (nasi – nasi yang setengah matang selama penggilingan, bukan di rumah) – 2 gelas air per cangkir beras

Untuk nasi gaya India, seperti Basmati atau Jasmine (lebih sedikit air diperlukan karena beras yang diinginkan memiliki tekstur lebih berat), gunakan hingga 1 ½ gelas air per gelas beras. Gunakan rasio 1: 1 jika Anda sudah mencuci beras sebelumnya.

  1. Rendam beras tiga puluh menit

Menyerap juga bisa membuat nasi lengket. Gunakan jumlah air yang sudah diukur sebelumnya untuk merendam beras pada suhu kamar dan kemudian gunakan air rebusan ini.

  1. Tambahkan bumbu (sesuai selera).

Rasa harus ditambahkan ke air sebelum nasi dimasak untuk menyerap rasa ini selama memasak nasi.

  1. Tempatkan potongan beras di dinding panci sehingga semua nasi benar-benar terendam dan tidak ada yang tumpah.

Untuk melakukan ini, gunakan sendok kayu atau sendok plastik. Jika air atau nasi mengalir di tepi wajan, lap wajan dengan handuk atau kain agar kering.

  1. Periksa penanak nasi untuk opsi atau pengaturan khusus.

penanak nasi memiliki tombol on / off, dan hanya dimulai setelah waktu tertentu.

  1. Masak nasi di penanak nasi.

Jika penanak nasi memiliki loyang, ganti panci setelah mengisinya dengan nasi dan air. Tutup penanak nasi, kemudian tancapkan kabelnya dan tekan tombol untuk memasak. Tombol ini secara otomatis mengklik pemanggang roti ketika nasi sudah matang. Pada kebanyakan penanak nasi, nasi tetap hangat sampai Anda mencabut kabel listrik.

Penanak nasi secara otomatis berhenti memasak ketika suhu panci melebihi titik didih air (100 ° C di atas permukaan laut), yang hanya dapat dicapai ketika semua air bebas menguap.

  1. Biarkan nasi selama 10-15 menit

Meskipun ini tidak diperlukan, biasanya direkomendasikan dalam manual penanak nasi dan dilakukan secara otomatis di bawah beberapa merek penanak nasi. Selama waktu ini, memutus arus listrik atau mengeluarkan panci dari sumber panas akan mengurangi jumlah nasi yang tertahan di penanak nasi.

  1. Aduk nasi agar tidak kaku dan gurih dan sajikan.

Jika tidak ada air, beras siap untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Demikianlah Cama Memasak Nasi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.